RUNNING LED (LED BERJALAN)

Kamis, 08 Juli 2010

RUNNING LED (LED BERJALAN)
A. Pendahuluan
Papan nama berjalan ini dibuat dengan menggunakan sebuah IC HCF14017 BE sebagai decade counter dan IC 555 sebagai clock-nya. IC HCF14017 BE ini mempunyai karakteristik dapat mengaktifkan salah satu bit outputnya saja dan mampu memberikan arus sampai 10mA. Arus output ini sudah cukup untuk menyalakan sebuah led dengan kecerahan yang cukup. IC CMOS ini cukup baik kerjanya terutama dengan tegangan suplai yang daerah kerjanya sangat lebar yaitu mulai 3.0 VDC sampai 18VDC. Dalam proyek ini akan dipilih tegangan 12 VDC agar dapat diapasang pada kendaraan bernotor sehingga menjadi lebih menarik. Sedangkan untuk membentuk pulsa clocknya digunakan IC 555, yang berfungsi sebagai timer yang berfungsi untuk menghasilkan denyutan (pulse) sebagai penggerak IC 4017.
Untuk outputnya, digunakan Led berwarna merah, kuning, hijau dan biru. Digunakan Led yang berwarna-warni dengan tujuan untuk menambah semarak tampilannya.
B. Skematik
 Pada dasarnya, skematiknya hampir sama dengan Ledsequence. Namun mengalami modifikasi dibagian outputnya disini dirangkai dengan model bulat. Tapi bisa diubah sesuai dengsn keinginan kita.
KET:
Bila ingin menggunakan 10LED maka LED yang bernomor ganjil saja yang dipasang atau LED bernomor genap saja yang dipasang
C. Komponen
Berikut ini adalah komponen-komponen yang dibutuhkan:
KOMPONEN
JUMLAH
IC 2
IC HCF 4017 BE
1 buah
IC 1
NE 555 N
1 buah
R
Resistor 180 Ohm
1 buah
VR1
Potensiometer resistansi 20-40K Ohm
1 buah
C1
Kapasitor polar 47 Micro Farad/16V
1 buah
C2
Kapasitor polar 22 Micro Farad/16V
1 buah
Adaptor 12 Volt/ Baterai
1 buah
Led
20 buah
D21
IN4001/IN4002
1 buah
B. Cara Kerja Rangkaian
IC 555 merupakan IC pewaktu (timer). Rangkaian osilator clock dibangun dari rangkaian IC 555, R2, potensiometer R1 dan kapasitor C1. Frekuensi kerjanya diatur dengan mengatur nilai resistansi potensiometer R1 tetapi jika dirasa masih kurang lambat maka nilai kapasitor C1 dapat diperbesar. IC 555 berfungsi sebagai penggerak IC 4017. IC ini mengeluarkan denyutan (pulse) high dan low secara bergantian. Buktinya terdapat pada output Led berwarna kuning dan hjau yang menyala secara berkelap-kelip. Ada 12 LED yang disambungkan ke kaki 3 (output). LED akan menyala atau berkelip berganti-ganti antara satu sama lain. artinya apabila denyutan positif keluar LED akan menyala dan LED akan mati jika denyutan negatif keluar dari pin 3 IC 555.
Untuk menggerakkan dan mengaktifkan IC 4017, denyutan positif perlu dimasukkan pada pin 14. Jika satu denyutan positif masuk LED pertama akan menyala dan begitu seterusnya menuju ke LED kedua. Setelah mendapatkan 10 kali pulsa clock maka secara otomatis MC14017 akan reset dan kembali pada kondisi awal yaitu pada Q0 aktif kembali.
Arah gerakan led dapat dimodifikasi sesuai keinginan. Caranya adalah dengan meletakkan urutan led disesuaikan dengan urutan keaktifannya. Urutan keaktifan dari output 4017 adalah sesuai dengan urutan output Q0, Q1, …, Q10. Setiap keluaran pada Q0 sampai Q10 akan disambungkan pada Led yang disusun secara paralel sehingga jika ada satu Led rusak maka tidak akan memutuskan arus yang lain.
Rangkaian ini sudah ditest jadi anda tidak perlu ragu untuk mencobanya .silakan cari di http://wirkamdwyfebrian.blogspot.com/ bila ingin mencari rangkaian-rangkaian yang lain. thanks............

Lanjut membaca “RUNNING LED (LED BERJALAN)”  »»

4 komentar::

Anonim mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
Rino Christianto mengatakan...

mas yang tiap nomor di IC menunjukan nomor letak kaki IC ya? dan yang no 13 di NE555 itu menyambung ke No. berapa di 4017?

alfan mahbuby mengatakan...

gan eang ke ground tu pin 9,13,15 to 8,13,15

Restu Adi mengatakan...

kalo kaki Q1 nya ditambah lagi LED nya, apa sj yg di ubah?

Poskan Komentar

silakan komentar:

Poskan Komentar

silakan komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...