Rangkaian Pengusir Nyamuk

Selasa, 16 Maret 2010


Ini adalah diagram rangkaian ultrasonik repeller nyamuk. Rangkaian ini didasarkan pada teori bahwa serangga seperti nyamuk dapat ditolak dengan menggunakan frekuensi suara dalam ultrasonik (di atas 20KHz) jangkauan. Rangkaian tidak lain hanyalah seorang 4.047 CMOS IC PLL kabel sebagai osilator bekerja di 22KHz. Sebuah penguat simetri komplementer yang terdiri dari empat transistor digunakan untuk memperkuat suara. Speaker PIEZO bel mengkonversi output dari penguat untuk suara ultrasonik yang dapat didengar oleh serangga.

Skema Rangkaian Pengusir nyamuk

Skema Rangkaian Pengusir nyamuk

Rangkaian dapat didukung dari 12V DC. Bel dapat berupa tujuan umum PIEZO bel.

Deskripsi IC CD4047B

CD4047B IC mampu beroperasi baik dalam monostable atau modus astabil. Hal ini membutuhkan kapasitor eksternal (antara pin 1 dan 3) dan sebuah resistor eksternal (antara pin 2 dan 3) untuk menentukan lebar pulsa output dalam modus monostable, dan frekuensi output dalam modus astabil. Astabil operasi diaktifkan dengan tingkat tinggi di astabil masukan atau rendah astabil level pada masukan. Frekuensi output (at 50% duty cycle) pada output Q dan Q ditentukan oleh komponen waktu. Sebuah frekuensi dua kali Q tersedia di Oscillator Output; sebuah siklus 50% tidak dijamin. Operasi Monostable diperoleh bila perangkat dipicu oleh rendah ke tinggi memicu transisi di masukan atau tinggi b tolow memicu transisi di masukan. Perangkat ini dapat retriggered dengan menerapkan secara simultan rendah ke tinggi transisi
baik pemicu dan retrigger input. Tingkat tinggi pada input Reset resets output Q untuk rendah, Q untuk tinggi.

Layout IC CD4047

Layout IC CD4047

Block and Connection Diagrams IC CD4047B

Skema IC CD4047

Skema IC CD4047

IC CD4047B Applications

  • Frequency discriminators
  • Timing circuits
  • Time-delay applications
  • Envelope detection
  • Frequency multiplication

Lanjut membaca “Rangkaian Pengusir Nyamuk”  »»

5 komentar::

Vania mengatakan...

kira2 biayanya hbis berapa untuk membuat rangkaian pengusir nyamuk ni? kalo pesan yang sudah jadi bisa pa nggak? trus brp harganya?

Anonim mengatakan...

rangkaian ini apakah bohong belaka untuk usir jangkrik 1 saja ga lari2 hembhhh

Anonim mengatakan...

nice blog... jempol dua buat kamu.:)

Anonim mengatakan...

kelebihan n kekurangan rangkaian ini ap ya kak?

saya mengatakan...

rangkaian pengusir nyamuk diatas gak ada manfaanya banyak ragam rangkaian pengusir nyamuk yg saya coba rakit semua sia sia.

Posting Komentar

silakan komentar:

Posting Komentar

silakan komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...